Home » Artikel » Inilah 6 Pebalap AHRT yang akan Berlaga di Asia Talent Cup putaran Mandalika

Inilah 6 Pebalap AHRT yang akan Berlaga di Asia Talent Cup putaran Mandalika

inilah-6-pebalap-ahrt-yang-akan-berlaga-di-asia-talent-cup-putaran-mandalika-3-06122021-105856_11zon

Sirkuit Mandalika sudah resmi menggelar Asia Talent Cup (ATC) putaran ketiga (12-14 November 2021) dan Putaran keempat (19-21 November 2021). Putaran keempat dihelat bersamaan  kalender Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK).

Tim Astra Honda Racing Team mengirimkan 6 pebalap muda yang siap bertarung di event paling bergengsi di asia ini. 4 pebalap reguler dan 2 pebalap Wild Card.

Pebalap reguler terdiri dari Herlian Dandi, Herjun Atna Firdaus, Azryan Dheyo Wahyumaniadi dan Fadillah Arbi Aditama. Sedangkan pebalap Wild Card yang tampil adalah Reykat Yusuf Fadillah dan Veda Ega Pratama.

Dari keempat pebalap ini, Herjun Atna Firdaus menjadi pebalap paling senior yang dikirim AHRT. Herjun sudah mengikuti kompetisi penuh di ATC sejak tahun 2019.

Tahun ini, menjadi tahun terakhir bagi pebalap asal Pati, Jawa Tengah ini. Karena ATC memberlakukan batasan ketat soal usia. Usia pebalap maksimal 20 tahun saat kompetisi musim 2022 mendatang.

Selama berkiprah di ATC, Herjun sempat meraih juara dan mengibarkan bendera Merah Putih di podium. Podium perdananya diraih di race pertama putaran keempat di Chang International Circuit, Buriram, Thailand pada 5 Oktober 2019 lalu.

Pebalap berikutnya adalah Fadillah Arbi Aditama. Pebalap muda asal Purworejo, Jawa Tengah ini memulai debut di ATC tahun 2020.

Di musim ini, pebalap yang akrab disapa Arbi in menunjukkan peningkatan yang signifikan. Bahkan sempat memperoleh meraih catatan waktu tercepat ketiga saat balapan di putaran kedua di ATC Qatar (27/3/2021) lalu.

Mencatatkan waktu 2 menit 12,327 detik dalam sesi kualifikasi. hanya terpaut 0,471 detik dari pebalap Jepang, Taiyo Furusato, yang keluar sebagai tercepat. Sayangnya, Arbi terjatuh saat balapan dan gagal meraih podium.

Pebalap ketiga adalah Azryan Dheyo Wahyumaniadi. Talentanya dibina melalui kejuaraan motocross. Di usia 11 tahun sudah menjadi juara kelas SE 65cc di kejurnas motocross di Sleman pada tahun 2017.

Tahun berikutnya mulai merambah kompetisi balap aspal. Tahun 2019, Astra Honda Racing Team mengirim Dheyo berkompetisi di Thailand Talent Cup. Pebalap kelahiran Batam ini mendominasi kejuaraan dan kerap mempersembahkan podium untuk Indonesia. Pebalap yang tinggal di Yogyakarta ini akhirnya sukses lolos seleksi Asia Talent Cup 2020.

Pebalap keempat adalah Herlian Dandi. Pebalap asal Ciputat. Sebelum terjun di Asia Talent Cup juga sempat merasakan sengitnya persaingan di Thailand Talent Cup. Bahkan beberapa kali menyumbangkan podium juara di tengah gempuran pebalap tuan rumah.

Reykat Yusuf Fadillah menjadi pebalap Wild Card di 2 putaran pamungkas Asia Talent Cup. Usianya masih 13 tahun. Tapi sudah memberikan kejutan di putaran ketiga ATC Mandalika lalu (12/11). Berhasil finish ke-5 pada race pertama.

Begitupun dengan Veda Ega Pratama. Usianya baru 12 tahun. Berstatus pebalap Wild Card, tapi sukses menyelesaikan balapan di urutan ke-8 di race pertama putaran ketiga ATC Mandalika.

 

Foto: Astra Honda Racing Team dan ATC

 

Sumber : https://www.astra-honda.com

img wa
Butuh bantuan ?